Sabtu, 23 Maret 2013

BURUNG GAGAK ADALAH BURUNG YG PALING CERDAS DAN CERDIK DARI SEMUA HEWAN



 Mengapa burung gagak disebutkan dalam Al Qur’an?

Peran burung gagak dalam cerita yang terkandung dalam Alquran adalah mengajarkan manusia bagaimana cara  menguburkan jasa orang mati, mengapa Allah Yang Maha Kuasa memilih hewan ini dari makhluk lainnya?  Karena untuk mengajarkan manusia pertama.
Studi ilmiah membuktikan bahwa gagak adalah burung yang paling cerdas dan kecerdikannya dari semua hewan, dan memiliki ukuran otak terbesar bila dibandingkan dengan ukuran tubuh pada burung yang sangat terkenal ini.

Apa burung Gagak itu ?
Gagak adalah burung jenis Corvus dan ada sekitar 27 jenis tersebar di sebagian berbagai tempat di dunia, kecuali Antartika dan Amerika Selatan. Yang jantan biasanya lebih besar dari betina dan Allah Yang Maha Esa memberinya kecerdasan, perilaku yang baik dan pengetahuan tentang cinta, kasih sayang dan kerjasama dengan anggota dari jenisnya, dan sebagian besar gagak bercirikan warna hitam dengan gloss jernih, tetapi yang menjadi pertanyaan adalah: apa hikmat Allah Maha Kuasa berkaitan dengan warna hitam? Apakah Tuhan menciptakan sesuatu dengan sia-sia? Jelas tidak!

Dia mengatakan: “Dialah Pencipta terbaik bagi semua ciptaan” AL quran Surat As Sajdah Ayat: 7.

Warna hitam pada bulu burung gagak ini untuk berkomuflase hingga menghilang dalam kegelapan malam dari musuh-musuhnya seperti burung hantu dan burung elang, yang aktif di malam hari dan predator lainnya.

Jenis yang paling penting gagak di negara-negara Arab:

1 – Gagak Al Nuuhy: panjang sekitar 50 cm warna bulu tubuh hitam  kecuali leher yang berwarna kecokelatan dan penyebaran jenis ini di Afrika Utara

2 – Raven ekor helikopter: orang Arab menyebutnya, “Ghurab Al Bain” dan menganggapnya membawa malapetaka dan Nabi Muhammad SAW telah melarang kepercayaan syirik itu.

Beliau mengatakan “tidak ada bencana (karena burung itu) dan jangan percaya dengannya,” benarlah Rasulullah SAW.

Burung Gagak yang lebih kecil dari jenis lainnya, warna hitam dengan kilau kebiruan ekor pendek  dan sayap panjang seperti helicopter, yang menyebar di Saudi Arabia, Sudan, Somalia, Mesir dan Palestina.

3 – Gagak jenis India : panjang sekitar 40 cm dan ditandai dengan warna bulu hitam di kepala, leher, punggung, sayap dan ekor sedangkan sisanya warna bulu tubuhnya abu-abu. Dan menyebar semacam ini di Arab Emirates, Oman dan Arab Saudi.

4 – Gagak Auraq: panjang 43 cm warna hitam dengan abu-abu mengkilap dan menyebar di Mesir, Palestina dan Suriah.

Gagak apa yang terkecil dari jenis gagak?

Yaitu jenis Gagak ikan yang disebut Corvus Ossifragus dan penyebaran jenis ini pada garis pantai Amerika Serikat dan tenggara dan makanannya ikan dan bercirikan oleh ukurannya yang kecil, sama dengan ukuran merpati dan suara yang tajam sangat tinggi dan menyebabkan gangguan gagak jenis lain.

Apa bahasa komunikasi antara gagak?

Terungkap dalam Ensiklopedi mukjizat ilmiah dalam Al-Quran dan Sunnah bahwa gagak membuat frekuensi suara yang berbeda dengan frekuensi tinggi sebaga bahasa yang sudah akrab dengan mereka di setiap jenis suara gagak satu frekuensi dan frekuensi ini sebagai salah satu bahasa yang difahami, bila salah satu gagak mendengar suara dari  gagak gagak jenis lain yang asing  tidak dikenal oleh sukunya maka gagak asing itu akan dikeluarkan dari kelompoknya,  cara mengumpulkan semua kelompok suku dan memobilisasi dan menanggapi gagak asing ini mereka berkokok dan mulai berkelahi.

Apa makanan gagak?

Gagak memakan hasil pertanian tanaman pangan, buah-buahan, cacing, serangga, siput, telur burung lain, ikan, bangkai binatang yang dibunuhnya di jalanan dan menyimpannya sebagai makanan dan menyembunyikannya dengan dedaunan, dan pohon pohon lainnya agar tidak diketahui musuh-musuhnya.

Allah berfirman:: “Dan berapa banyak dari hewan hewan yang tidak membawa rezekinya tetapi Allah-lah yang memberinya rezeki dan juga rezeki buat kalian dan Dia Maha Mendengar lagi Mengetahui” Surat Al Ankabut ayat: 60.

Gagak Menjaga sarangnya.

Gagak tidak lupa menjaga keselamatan dan kecukupan makanan terhadap anggota keluarganya, dan tidak membiarkan pelanggaran wilayah kekuasaannya yang mendekati sarangnya. Dan seseorang mengatakan bahwa putranya yang masih anak-anak pada suatu hari di salah satu salah satu taman di dekat rumahnya mengambil sarang gagak dan dibawa keluar dari kebun oleh salah seorang anaknya, maka gagk jantan dan gagak betina itu memburu anaknya selama sepuluh tahun seperti yang terlihat setiap keluar rumah gagak gagk itu ingin mendarat di kepala dan akan melukainya.

Apa saja komponen dari sarang?

Sarang gagak sering terletak di pohon-pohon dan komponen dari sarang terdiri dari daun pohon backlog, bulu, ranting-ranting, batang kering yang dipotong  dengan warna-warna cerah yang menarik. Subhaanallah makhluk ini Allah yang Maha Pengasih yang memberikan penghargaan dengan keindahan aan mengkompilasi setiap hal dengan warna cerah, cantik, menarik yang disimpan dalam sarang ke sarang memancarkan sukacita dan keindahan dalam kerajaan mereka sendiri.

Tempat Bertengger

Perumahan adalah tempat bertengger dan satu rumah untuk ratusan atau bahkan ribuan gagak yang termasuk dalam satu spesies ada sejumlah anggota bertengger dalam pohon dan bertengger satu sama lain. Apa hikmat gagak yang tinggal dalam kelompok besar? Kita percaya bahwa secara naluriah bahwa gagak dikaruniai Tuhan Yang Maha Kuasa untuk mengatasi berbagai tantangan dengan keberanian dan kekuatan. walaupun gagak adalah burung yang lemah dibandingkan elang dan burung hantu, yang aktif di malam hari dan pemangsa lain, tetapi gagak yang hidup dalam konsentrasi yang besar mampu meneror musuh-musuhnya dari burung jenis lain. Burung-burung gagak mulai memberikan peringatan dengan suara tinggi sebelum matahari terbenam untuk mengumpulkan kelompoknya dari segala penjuru, dan mulai setiap kelompok mulsi berdatanan dan bertengger sebagai persiapan untuk tidur di dalam sarang.

Mengapa beberapa gagak  membunuh satu sama lain?

diketahui bahwa jika salah satu burung ini terluka oleh seseorang atau tejangkit penyakit dalam anggota kelompok dan tidak mampu untuk terbang maka diambil keputusan untuk membunuhnya dan menguburkannya karena mereka kuatir akan penyebaran penyakit ke seluruh anggota gagak yang bertengger dari individu itu untuk keselamatan yang lain.

Gagak mencari makanan

Apa yang dimaksud dengan semangat yang mengilhami penduduk sarang ini?

Apakah semangat cinta dan kasih sayang? Atau seperti yang sering kali banyak kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, banyak rumah dan gedung gedung sayangnya, tanpa semangat cinta dan kasih sayang padahal Allah menyuruh kita untuk berkasih sayang antara suami-istri atau antara anak-anak dan orang tua atau antara anak yang satu dengan anak yang lain.

Kita akan takjub dengan cinta kasih ketika saya beri tahu Anda bahwa gagak, yang mereka kita tuduh menjadi sumber kehancuran dan sialnya keberuntungan, itu lebih unggul dari kebanyakan manusia, kita tidak melihat sarang sarang saja yang dipenuhi oleh semangat kasih sayang, cinta dan kerjasama antara para anggotanya.

Pada akhir musim dingin saat usia dewasa laki-laki (4 tahun) mulai mencari pasangannya dan memulai perjalanan untuk mengeluarkan teriakan keras terhadap betina dewasa (3 tahun ) untuk lebih dekat, dan mulai kawin, dengan bulu, sayap dan ekor sebagai tanda dia untuk menerimanya, kemudian mulai menyanyikan sebuah lagu pendek dan kemudian akan kawin dengan mereka dan mulai membersihkan bulu satu sama lain, melengkapi dan membangun sarang, yang memakan waktu sekitar dua minggu untuk membangunnya. Setelah sarang siap mereka mulai bertelur sekitar 6-2 butir telur seminggu, dan telur menetas setelah sekitar 19 hari dan masa muda setelah menetas antara 45-30 hari di sarang sebelum tumbuhnya bulu-bulu dan kemudian mulai terbang dan untuk membantu orangtua dalam memperoleh makanan yang dikumpulkan.Yang betina tidak telur sepanjang tahun ia hanya memiliki satu generasi anak-anak per tahun.

Apakah yang Jantan mengawini betina yang lain?

Jawabnya tidak pernah mengawini betina lain lagi di sepanjang hidupnya, yang dalam beberapa spesies sampai mencapai usia 21 tahun. Tapi ada dua perkawinan lagi  berkaitan telur menetas, bila telur betina tidak menetas maka jantan akan meninggalkan pasangannya dan mencari pasangan lain dan mulai hidup bsru. Perkawinan dengan betina lain ini juga dilakukan bila betina pasangannya mengalami kematian. Makhluk malang ini mengajarkan kepada kita pelajaran melalui cinta dan kasih sayang dan kesetiaan antara pasangan dan bahwa ketika mencari betina lain untuk menjadi pasangannya dilakukan dengan alasan kuat dengan maksud menjaga kelangsungan jenisnya, atau untuk keturunannya setelah kematian dan tidak menggunakan kesempatan untuk mencari betina lain karena lebih cantik dan indah daripada pasangan betina atau lebih muda dari mereka.

Apa tugas dari sarang?

Fungsi utama betina adalah memiliki hak asuh telur sampai menetas dan memberi makan anak mereka setelah menetas Jika si jantan dituntut untuk perlindungan sarang dari serangan musuh di mana mereka berdiri di tepi untuk mencegah masuknya predator yang asing maka dia siap untuk membunuhnya. Keduanya juga mencari makanan dan dibawa ke sarang. Bila ada lebih dari satu generasi anak-anak di dalam sarang dimana anak-anak membantu orang tua dalam memberi bantuan makanan dan membersihkan sarang dan memberi makan kaum muda dan perlindungan sarang.

Ini adalah pelajaran lain untuk belajar dari burung gagak untuk mengurus rumahtangganya,  pembagian kerja dan sikap terhadap betina pasangannya dan anak-anak mereka serta bagaimana melibatkan yang muda untuk membantu meringankan mencari makanan.

Pelajaran dari gagak untuk manusia

Kami telah belajar banyak pelajaran dari kehidupan burung gagak, pelajaran dalam cinta dan kesetiaan dan kesetiaan antara pasangan, cinta kerja dan kerja sama antar anggota keluarga untuk mempertahankan dan membela kelompok mereka dari musuh. Pelajaran yang paling penting  pada awal penciptaan manusia. Pelajaran itu tidak akan pernah terlupakan ketika Qabil membunuh Habil saudaranya sendiri dengan alas an yang tidak benar karena cemburu dan kebencian itu, karena Allah menerima kurban Habil dan tidak menerima kurban Qabil, maka ia membunuh Habil saudaranya dan jasadnya ia bawa di atas punggungnya ia menjelajah bumi untuk menymbunyikan tubuh saudaranya. Maka ketika Qabil menemukan gagak menggali tanah  untuk membuat lubang guna menguburkan gagak lain yang mati.

Di sini, Allah hendak memberikan pelajaran kepada semua anak-anak Qabil bahwa kebencian dan pembunuhan manusia tidak hanya masalah berakhir selamanya di dalam neraka. Pelajaran kedua orang itu tak peduli pada pengetahuan, rakus uang dan kekuasaan dan tidak memiliki kebijaksanaan, pada hsl ia tidak lebih hanya menjadi makhluk ciptaan Allah yang hidup di kerajaanNya, burung kecil ini yang dikirim oleh Allah memiliki kebijaksanaan dan kecerdasan yang membuatnya orang tahu betapa buruknya perlskusn psds saudaranya, hingga tidak tahu bagaimana merawat jenazahnya.

Allah berfirman dalam Surat Al-Maidah:
“Ceritakanlah kepada mereka kisah kedua putera Adam (Habil dan Qabil) menurut yang Sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan korban, Maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). ia Berkata (Qabil): “Aku pasti membunuhmu!”. Berkata Habil: “Sesungguhnya Allah Hanya menerima (korban) dari orang-orang yang bertakwa”. (27)

28. “Sungguh kalau kamu menggerakkan tanganmu kepadaku untuk membunuhku, Aku sekali-kali tidak akan menggerakkan tanganku kepadamu untuk membunuhmu. Sesungguhnya Aku takut kepada Allah, Tuhan seru sekalian alam.”

29. “Sesungguhnya Aku ingin agar kamu kembali dengan (membawa) dosa (membunuh)ku dan dosamu sendiri, Maka kamu akan menjadi penghuni neraka, dan yang demikian Itulah pembalasan bagi orang-orang yang zalim.”

30.  Maka hawa nafsu Qabil menjadikannya menganggap mudah membunuh saudaranya, sebab itu dibunuhnyalah, Maka jadilah ia seorang diantara orang-orang yang merugi.

31.  Kemudian Allah menyuruh seekor burung gagak menggali-gali di bumi untuk memperlihatkan kepadanya (Qabil) bagaimana seharusnya menguburkan mayat saudaranya[*]. Berkata Qabil: “Aduhai celaka aku, Mengapa Aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, lalu Aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini?” Karena itu jadilah dia seorang diantara orang-orang yang menyesal.

Maha benar Allah dengan Firmannya.

Setelah Firman Allahj Yang Maha Kuasa masih dipertanyakan bagaimana burung yang cukup lemah dapat mengajarkan manusia menguburkan orang mati itu? Kami katakana: Ya, Allah maha kuasa atas segala sesuatu dan jika Dia menginginkan sesuatu hanya mengatakan “jadilah maka jadi”. Maka Allah menutup hati mereka sebagai orang-orang kafir dan juga mempertanyakan Firman Allah dan pesan Nabi kita Muhammad SAW  dan mungkin sekali ingin bukti ilmiah yang menunjukkan kepada kita bahwa burung ini memiliki banyak kecerdasan dan kebijaksanaan, kita katakan kepada mereka: lihatlah ke pengalaman dan bukti ilmiah, yang memiliki sejumlah ilmuwan asing dan untuk membuktikan kekuasaan Pencipta Yang Mahakuasa pada kreativitas ciptaanya dan kadar kecerdasan yang diberikan Allah pada burung ini.

Salah seorang ilmuwan Israel tertarik untuk mempelajari perilaku burung, ia meneliti gagak yang disebut sebagai binatang liar dan tersebar luas di Israel, tiba-tiba ia lihat salah satu dari gagak mengumpulkan remah-remah roti di antara cabang pohon memakai jari-jari kaki, kemudian menggulingkannya hingga jatuh di danau, saat ikan berkumpul di remah-remah roti di bawah permukaan air gagak itu terbang  dan menyambar salah satu ikan dengan paruhnya, kemudian terbang ke sarang.

Aku mengagumi dunia dan kejadian ini dan hampir gila,” ia bertanya siapa yang memberikan kecerdasan dalam pikiran burung ini? Katakan kepadanya bahwa Allah Yang Mahakuasa, yang mengatakan kepada kami selama ribuan tahun yang lalu yang member kecerdasan burung ini dan bagaimana ia mengajarkan manusia untuk menguburkan saudaranya.

Allah berfirman: “Tuhan, yang memberikan segalanya dan kemudian memberikan petunjuk” SuratTaha ayat: 50

Sebuah studi di Inggris menemukan kecerdasan burung ini:

Tim Inggris melakukan percobaan dengan burung gagak betina di  laboratorium Inggris dan meletakkan daging yang dilumatkan dalam tabung tes, dan di dekatnya di taruh sepotong kawat logam panjang dan burung gagak itu dilepaskan dengan alat-alat ini di laboratorium dan team peneliti membuat video rekaman dari apa yang terjadi.

Mereka menemukan kurang dari 10 menit gagak betina membengkokkan ujung kawat untuk menjadi seperti logam pengait-dan memasukannya ke dalam tabung kemudian menarik daging itu dengan pengait dari dalam tabung dan kemudian memakannya. Percobaan para ilmuwan itu telah dilakukan tanpa sengaja  hingga  10 kali dan burung gagak betina itu berhasil mengeluarkan dan memakannya. Allah berfirman:  Sesungguhnya Aku bertawakkal kepada Allah Tuhanku dan Tuhanmu. tidak ada suatu binatang melatapun[*] melainkan Dia-lah yang memegang ubun-ubunnya[**]. Sesungguhnya Tuhanku di atas jalan yang lurus[***].”

[*]  yang dimaksud binatang melata di sini ialah segenap makhluk Allah yang bernyawa.

[**]  Maksudnya: mengusainya sepenuhnya.

[***]  Maksudnya: Allah selalu berbuat adil.

,” Al Quran Surat Huud ayat: 56.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.